Jual Mesin Pengupas Kulit Ari Kacang Tanah Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan

Jual Mesin Pengupas Kulit Ari Kacang Tanah Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan - ArenaMesin.Com


Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan, mesin pengupas kacang tanah sederhana, cara membuat mesin pengupas kacang tanah sederhana, daftar harga mesin pengupas kulit ari kacang tanah, alat pengupas kulit kacang tanah manual, harga alat pengupas kulit kacang tanah, cara kerja mesin pengupas kulit kacang, mesin perontok kacang tanah, cara membuat alat pengupas kulit ari kacang tanah, mesin pengupas kacang tanah, mesin pengupas kacang tanah manual, daftar harga mesin pengupas kacang tanah, jual mesin pengupas kulit kacang tanah, mesin pengupas kulit kacang tanah, mesin pengupas kulit kacang tanah sederhana.

Spesifikasi mesin pencupas kulit ari kacang tanah

Dimensi : 60 x 40 x 90 cm
Material rangka : Siku Besi
Material body : Plat Besi Atau Stainless Steel
Material tabung : Stainless Steel
Material pengupas : Karet
Pengerak : Dinamo ½ HP
Transmisi : Pulley, Gear Box dan V-belt
Kapasitas : 6-10 Kg/jam

Video Mesin Pengupas Kulit Ari Kacang Tanah




 

Berikut cara Mengupas Kulit Ari Kacang Tanah Dengan Mudah :


1. Pilih kacang yang baik tidak busuk, tidak cacat, usahan dapatkan kacang yang belum tersimpan lama, tidak keriput dan berukuran sedang sampai besar

2. Panaskan air secukupnya dengan takaran volume air yang di panaskan lebih banyak dari volume kacang yang akan di kupas minimal 1 : 2 . Air yang didihkan usahakan jangan sampai medidih dengan suhu sekitar 90 derajat yg ditandai dengan suara kemrenseng

3. Rendam kacang tanahyang sudah dimasukan dalam wadah dengan air panas usahakan semua kacang terendam semua dan tutup wadah tersebut

4. Setiap 5 menit aduk rendaman kacang tanah agar maksimal pemerataan panasnya, dan tunggu sampai rendaman dingin

5. Jika proses perendamannya tepat kulit kacang akan mengelembung jadi antara kulit kacang dan biji kacang ada lapisan air sehingga nanti kan mempermudah proses pengupasan

6. Proses selanjutnya adalah proses pengupasan atau penghilangan kulit ari kacang tanah, cara pengupasan bisa secara manual yaitu dengan alat bantu cobek ataupun genteng jawa dengan mengesekan kacang ke alat tersebut atau lebih mudahnya gunakan mesin pengupas kulit ari kacang tanah

7. Pilah kulit ari dan biji kacang tanah yang telah lepas dari kulitnya, kemudian cuci bersih. KACANG TANAH SIAP DI OLAH MENJADI KACANG BAWANG


Pemanfaatan


Tanaman Kacang tanah dapat digunakan untuk makanan ternak, tengah bijinya digunakan menjadi sumber protein nabati , minyak dan sebagainya. Menjadi tanaman budidaya, kacang tanah terpenting dipanen bijinya yang kaya protein serta lemak. Biji ini bisa dikonsumsi mentah, di rebus (di polongnya), digoreng, atau disangrai. Di Amerika Serikat, biji kacang tanah diolah jadi seperti selai serta adalah industri pangan yang menguntungkan. Produksi minyak kacang tanah sampai seputar 10% market minyak masak dunia pada tahun 2003 menurut FAO. Tidak hanya dipanen biji atau polongnya, kacang tanah pula dipanen hijauannya (daun serta batang) untuk makanan ternak atau adalah pupuk hijau , Jual Mesin Pengupas Kulit Ari Kacang Tanah Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan.

Kandungan Gizi

Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E serta kalsium, vitamin B kompleks serta Fosforus, vitamin A serta K, lesitin, kolin serta kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah ialah tambah lebih tinggi dari daging, telur serta kacang soya. Memiliki perasaan yang manis serta banyak dipakai untuk bikin beragam type kue.

Kacang tanah pula disebutkan memiliki kandungan bahan yang bisa membina ketahanan badan dalam menahan beberapa penyakit. Konsumsi satu ons kacang tanah lima kali satu minggu diadukan bisa menahan penyakit jantung. Kacang tanah kerja tingkatkan potensi pompa jantung serta turunkan resoki penyakit jantung koroner. Mengonsumsi segenggam kacang tanah sehari-hari terpenting pesakit kencing manis bisa menolong kekurangan zat.

Kacang tanah memiliki kandungan Omega 3 yang disebut lemak tidak jemu ganda serta Omega 9 yang disebut lemak tidak jemu tunggal. Dalam 1 ons kacang tanah ada 18 gr Omega 3 serta 17 gr Omega 9. Kacang tanah memiliki kandungan fitosterol yang malah bisa turunkan kandungan cholesterol serta level trigliserida, lewat cara meredam penyerapan cholesterol dari makanan yang disebarkan dalam darah serta kurangi penyerapan kembali cholesterol dari dalam hati, dan masih mengawasi HDL cholesterol. Kacang tanah pula memiliki kandungan arginin yang bisa merangsang badan untuk menghasilkan nitrogen monoksida yang berperan untuk menantang bakteri tuberkulosis.

Kajian-kajian tunjukkan kacang tanah bisa menjadi penurun desakan darah tinggi juga kandungan kolestrol dalam darah, terkesan untuk melegakan penyakit hemofilia atau cenderung gampang berdarah, penyakit keputihan serta insomnia. Akan tetapi Kacang tanah begitu dihindari pada mereka yang melawan penyakit type kanker payudara serta yang memiliki permasalahan jerawat atau acne pula dinasihatkan berhenti konsumsi kacang tanah, Jual Mesin Pengupas Kulit Ari Kacang Tanah Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan.

Bermacam Kacang tanah olahan

Menjadi bahan pangan, kacang tanah memiliki keluwesan untuk di proses jadi bermacam-macam. Polong kacang tanah bukan sekedar digodhog,tetapi polong kacang tanah bisa di proses jadi produk yang lebih bertahan lama, seperti kacang goring (sangrai) atau kacang asin (oven). Sesaat bijinya bisa di proses jadi bermacam cemilan kacang yang lebih trendi.
Dengan simpel, olahan kacang tanah bisa dipilah jadi 3 kelompok seperti berikut :

1. Olahan Kacang Polong

Pemrosesan kacang polong kacang tanah adalah proses pemrosesan yang sangat simpel, dibanding dengan bentuk pengolahann lainnya.
Olahan yang sangat simpel ialah kacang rebus,yang lebih populer dimaksud kacang godhog. Disusul dengan kacang polong sangrai atau yang lebih diketahui menjadi kacang goring. Sesaat yng dikit lebih susah membuatnya adaah kacag polong oven(kacangasin). Ke-3 type olahan itu adalah produk olahan kacang tanah polong.

2. Olahan Biji Kacang Tanah tanpa ada Adonan

Pemrosesan kacang tanah ini memakai bahan baku biji kacang tanah(wose). Untuk memperoleh biji kacang tanah, polong kacang tanah polong mesti dikuliti terlebih dulu. Langkah yang sangat simpel untuk menguliti kacang tanah yaitu dengan tangan langsung. Pengupasan polong kacang tanah umumnya dikerjakan sesudah dikerngkan terlebih dulu. Langkah lainnya yang bertambah cepat yaitu dengan memakai pertolongan alat pengupas biji kacang tanah, langkah ke-2 ini bisa membuahkan biji kacang tanah kupas lebih cepat, kecepatannya seputar sepuluh kali lipatnya.
Pembuatan cemilan kacang biji tanpa ada adonan dikit lebih susah dibanding dengan pengoahan kacang polong.
Produk olahan kacang biji tanpa ada adonan salah satunya ialah kacang biji goring, kacang sangrai, serta kacang bawang. Kacang goreng serta kacang sangrai dibikin dengan memakai bahan baku biji kacang tanah yang masih tetap berkulit ari. Sesaat kacang bawang bisa dibikin dengan memakai bahan baku bijikacang tanah kulitan (wose),yaitu biji kacang tanah yang sudah dibuang kulit arinya.
Dari ke-3 type produk olahan biji kacang tanah ini sangat populer ialah kacang bawang. Tidak hanya rasa-rasanya gurih , orang tidak disibukkan dengan kulit ari.

3. Olahan Biji Kacang Taah dengan Adonan

Biji kacang tanah (wose) bisa di proses dengan adonan jadi bermacam bentuk olahan . Akhirnya berbentuk kacang yag sudah terbungkus adonan. Dengan begitu , seakan biji kacangnya menjadi isi. Perasaan asli dari kacang dengan olahan ini lebih tersamar, sebab sudah menyatu dengan adonan waktu dikonsumsi.
Hasil olahan kacang adonan cukuplah bermacam, ada yang manis serta ada yang asin. Diantara olahan kacang beradonan yang cukuplah populer ialah kacang atom, kacang telur, serta kacang salju. Tentunya ketiganya semasing mempunyai tampilan dn perasaan yang ciri khas.

F. Membuat Kacang Polong Goreng

Bahan yang diperlukan :
• 10 kg kacang tanah polong
• 10kg Pasir atau seperlunya
• Air seperlunya
 
Cara kerja :
1. Sortasi
Pilih kacang tanah polong yang tua , utuh, serta kering. Kacang tanah yang cacat, kisut, busuk, bubukan, berjamur atau kerdil mesti didepak serta dibuang 

2. Pencucian
Kacang hasi sortiran dicuci bersih serta ditiriskan
3. Penggorengan
Panasi pasir bersih dalam wajan yang lumayan besar. Masukan kacang polong. Aduk-aduk supaya bercampur dengan pasir. Pengapian ditata tidaklah terlalu besar, supaya kacang tidak gosong sebelum masak. Panasi kombinasi pasir serta kacang sekalian diaduk-aduk supaya kacang bisa masak dengan rata. Penyangraian kacang ini memakan waktu seputar 20 – 30 menit. Mengambil beberapa kacang, serta teslah tingkat kematangannya. Bila telah masak serta renyah, penggorengan di stop.
4. Pembersihan
Sesudah masak, kacang diangkat memakai serok serta dimasukkan ke ayakan yang sudah dialasi Waskom,sebagaipenampung pasir, goyang—goyangkan ayakan hingga pasir yang melekat pda kulit kacang lepas serta jatuh ke Waskom penampungan.
5. Pendinginan
Sesudah bersih dari pasir yang melekat, kacang goring ditampung dalam tampah serta diangin-anginkan sampai dingin
6. Pengemasan
Sesudah kacang goring dingin, lalu dikemas dalam kantong plastik sesuai jumlahnya yang diinginkan. Sesudah terisi penuh , kantong plastik ditutup rapat. Penutupan kantong plastik bias dikerjakan lewat cara merekatkannnya dengan api lilin atau menggunakan plastik sealer. Mesti dikerjakan dengan berhati-hati agar tidak berlangsung kebocoran, yang menyebabkan kacang goring jadi cepat melembek. 


G. Kacang Polong Oven

Kacang polong oven/ asin adalah satu diantaranya hasil olahan kacang tanah polong yang cukuplah popular. Kacang ini memunyai perasaan gurih, asi serta renyah. Garam dapur akan memantapkan gurihnya kacang tanah itu. Menjadi cemilan, kacang oven cukuplah banyak penggemarnya.
Bahan yang dibutuhkan :
• 10 kg kacang tanah polong basah
• 1 kg garam dapur
• Air seperlunya
Posisi kerja :
1. Sortasi
PIlih kacang tanah polong yang tua serta utuh. Kacang tanah polong yang muda , cacat serta kisut, busuk, bubukan , berjamur mesti dipisahkan.
2. Pencucian
Kacang tanah hasil sortasi dicuci bersih. Supaya tanah yang menempel pada kulit gampang dilepaskan, jadi kacang polong semestinya di rendam di air terebih dulu.
3. Perebusan
Kacang yang sudah bersih lalu di rebus dalam panic. Tjuan perebusa ini tidak hanya untuk memperdalam kacang pula anggota perasaan asin. Karena itu air rebusan dibubuhi garam dapur sekitar 1 ons per liter airnya.
4. Penirisan
Sesudah masak, kacang tanah dituagkan ke ayakan yang dialasi panci atau Waskom. Biarka airnya menetes ke bawah sampai selesai
5. Penjemuran
Sesudah tiris, kacang rebusan dihamparkan diatas tampah untuk dijemur sampai kering. Pengeringan dengan panas matahari memakan waktu seputar 2-3 hari. Saat penjemuran kacang tanah dibalik-balik supaya percepat serta meratakan pengeringan. Tidak hanya tampah, menjadi alas penjemuran kacang bisa juga dapat dipakai kepang(anyaman bambo halus).
6. Pengeringan akhir
Pengeringan kacang asin yag dikerjakan dengan panas matahari tidaklah prima. Sebab kandungan airnya masih tetap cukuplah tinggi, yakni seputar 10 persen. Oleh karenanya, mesti dikeringkan lanjut dengan oven atau disangrai. Pengeringan akhir ini dikerjakan sampai kacang jadi kering optimal dengan kandungan air seputar 3%.
Pegeringan dengan oven dihetikan sesudah kacang benar-benar kering prima. Pertanda kacang yang sudah kering sempura ialah gampang pecah waktu dijit.
7. Pengemasan
Sesudah kacang polong oven dingin , lalu dikemas dalam kantong plastik sesuai jumlahnya yang diinginkan. Sesudah terisi penuh , kantong plastik ditutup rapat dengan memakai lilin atau plastik sealer. 

Jual Mesin Pengupas Kulit Ari Kacang Tanah Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan

H. Membuat Kacang Telur

Kacang telur adalah hasil olahan kacang tanah dengan balutan adonan. Perasaan kacang telur gurih serta manis, sebab adonannya digabung dengan gula. Bentuk kacang telur dikit semakin besar dibanding ukuran kacang tanpa ada adonan serta warnanya cokelat.
Bahan Yang diperlukan :
• 5 kg kacang tanah wose
• 2 kg tepung terigu
• ½ kg tepung tapioca
• 1 liter minyak goring
• 2 kg gula pasir
• 1kg telur ayam
• 10 bungkus vanili
• ½ ons garam dapur
• Air seperlunya 

Posisi Kerja :
1. Sortasi
Piih biji kacang yang utuh, tua serta kering.
2. Pencucian
Kacag hasil sortiran dicuci bersih lau ditiriskan, bila ada kacang yang mengapung diambil serta dibuang, sebab mutunya buruk,
3. Pembuatan adonan
Telur, garam halus , gula serta vanili dikocok sampai berbuih, serta bahan tercampur rata.
4. Pencampuran tepung
Tepung terigu serta tapioca digabung sampai rata, pencampuran ini bisa dibantu dengan ayakan halus untuk tepung.
5. Pembalutan awal
Mengambil beberapa kacang serta masukan dalam adonan dengan rata. Tebarkan kombinasi tepung terigu serta tapioca di atas tampah. Lantas mengambil kacang dari adonan serta tuang diatas tebaran tepung. Putar tampah atau sampai tepung lengket serta membalut kacang dengan rata.
6. Pengayakan
Sesudah kacang terbungkus adonan, diangkat serta diayak. Ayaka lalu digoyang-goyangkan hingga tepung yang tidak menempel pada kacang akan rontok serta ditampung dalam tampah
7. Pembalutan lagi
Supaya didapat hasil balutan yang rata serta baik, butuh dikerjakan pembalutan lagi. Sesudah diayak, kacang yang sudah terbungkus adonan diolah lagi sama dengan pembalutan awal. Pembalutan bisa dikerjakan 2-3 kali sesuai hasrat kita.
8. Penggorengan
Sediakan wajan berisi minyak goring serta panasi. Sesudah minyak cuku anas,input adonan kacang dikit demi sedikit , sekalian dibolak-blik serta sampai kacang berwarna kuning kecoklatan.
9. Penirisan
Sesudah masak, kacang telur diangkat serta ditiriskan, lalu ditebarkan dalam tampah yang dialasi dengan kertas.
10. Pengemasan
Sesudah tiris serta dingin kacang telur siap dikemas dengan beratsesuai hasrat serta ditutup dengan plastik sealer

I. Membuat Kacang Salju

Kacang salju adalah hasil olahan kacang tanah dengan balutan gula pasir. Perasaan kacang salju ialah gurih serta manis serupa gula kacang. Kacang salju berupa butiran yang diselimuti Kristal putih serupa salju. Kristal putih ini datang dari gula yang sudah jadi caramel.
Bahan yang diperlukan :
• 5 kg kacang tanah wose atau kacang tanah yang telah di hilangkan kulit arina
• 5 kg gula pasir
• 10 bungkus vanili
• ½ ons garam dapur
• 600 ml air
• 5 buah jeruk nipis atau esen buah yang lainnya 

Posisi Kerja :
1. Timbang semua bahan
2. Oven kacang sampai masak atau sangrai kacang sampai masak
3. Buat adonan: rebus air serta masukan gula, garam serta vanili.untuk meningkatkan cita perasaan imbuhkan perasan jeruk nipis. Rebus sampai mengental dn berbuih
4. Masukan kacang, aduk sampai tercampur rat serta masak sampai adonan mengkristal seperti salju
5. Angkat serta dinginkan
6. Kemas dalam plastik atau toples.

J. Membuat Gula kacang Jahe

Bahan yang dibutuhkan :
• 250 gr kacang tanah kulit
• 1 sendok wijen
• 300 gr gula merah
• 100 ml air
• ¼ sendok teh garam
• 2 sendok makan jahe parut
• 12 lembar daun jeruk
 
Posisi Kerja :
1. Kacang tanah disangrai
2. Wijen disangrai
3. Daun jeruk diiris-iris halus
4. Gula merah disisir
5. Campur gula merah, air , garam, jahe parut serta daun jeruk.masak sekalian diaduk-aduk sampai berbuih serta kental
6. Imbuhkan kacang tanah serta wijen sangrai,aduk rata
7. Selekasnya sendokkan diatas daun pisang, biarlah kering

K. Membuat Ting-ting kacang

Bahan yang dibutuhkan :
• 100 gr kacang tanah kupas
• 150 gr gula pasir
• 25 gr margarine

Posisi Kerja :
1. Oven atau sangrai kacang tanag kupas
2. Cincang kasar
3. Masak gula pasir serta margarine sampai larut, janganlah diaduk
4. Masukan kacang tanah cincang, aduk sampai terbalut
5. Sendokkan diatas kertas roti tanpa ada diolesi dengan margarine
6. Pipihkn tipis-tipis, bentk bundar, biarlah sampai mengeras

L. Membuat Selai Kacang
Bahan yang diperlukan :
• 400 gr kacang tanah kupas
• 1 sendok the garam
• 100 gr gula halus
• 2 sendok makan mentega tawar
Posisi Kerja :
1. Sangrai kacang tanah sampai masak, serta dinginkan
2. Jus sampai lembut benar, saat diblender dijaga supaya kacang tidaklah sampai panas. Jika telah mulai hangat, hentikan dahulu,lalu jus kembali
3. Imbuhkan garam, mentega serta gula, jus kembali sampai halus
4. Kemas dalam botol atau gelas plastic

M. Membuat Singkong Keju Untuk 16 potong

Bahan yang dibutuhkan:
• 300 gr singkong
• 25 gr gula pasir
• 100 gr tepung ketan putih
• 75 ml susu cair
• 2 butir telur
• 50 gr margarine
• 1 butir kuning telur untuk olesan
• 50 gr keju cheddar parut untuk taburan
 
URUTAN KERJA :
1. Kupas singkong lantas parut kasar, serta timbang sekitar 250 gr
2. Cairkan margarine
3. Masukan susu cair serta telur, aduk rata, imbuhkan margarine yang telah dicairkan, aduk rata
4. Tuangkan dalam Loyang 20x20x4 cm yang dialasi aluminiu foil
5. Oven 15 menit dengan suhu 180 derajad Celsius. Beri kuning telur serta aburi keju
6. Oven kembali 20 menit dengan suhu 180 derajad Celsius sampai masak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mesin Pengupas Kacang Tanah Sederhana

Jual Mesin Pengupas Kulit Ari Kacang Tanah Denpasar Bali

Mesin Selep Kacang Tanah